Senin, 08 Oktober 2012

KEJUJURAN

Beberapa hari yang lalu saya menyempatkan diri untuk menonton acara Kick Andi Show, dan dari acara tersebut saya tertarik untuk membahas, merangkum dan mencoba menganalisis intisari dari tayangan tersebut.
Mereka mempunyai cara dan upaya berbeda untuk menerapkan kejujuran antara lain adalah :
  • Telepon kejujuran, ini merupakan fasilitas yg diterapkan di sekolah agar para siswa dan siswinya tidak lagi membawa handphone. Jika para siswa dan siswi ingin menelpon maka di kenakan tarif Rp.1000/menit ke GSM dan Rp.300/menit ke CDMA, apabila ada siswa yang tidak mempunyai uang untuk menelpon maka siswa dapat menulis dibuku yg telah disediakan kemudian membayarnya agar nama siswa dibuku tersebut dapat di hapus dari hutang.
  • Warung bensin eceran, warung ini diterapkan oleh orang yang sehari-harinya bekerja sebagai peenarik beca. Karna beliau tidak sempat untuk menjaga warung tersebut dan harus berkeliling mencari penumpang maka beliau menaruh toples uang di warung bensin eceran tersebut dengan mengharapkan kejujuran dari para pembeli.
Analisis
Norma yang terkandung dalam wacana tersebut adalah Norma Kesusilaan yang mengajarkan aturan-aturan dan perbuatan baik untuk masyarakat, untuk berlaku jujur, adil dan menghargai orang lain.

Sedangkan nilai yang terkandung dalam wacana diatas adalah Nilai Sosial, karena dengan upaya yang mereka buat tidak lain untuk mempengaruhi, menerapkan dan mengembangkan sifat-sifat kejujuran, yang berkaitan satu sama lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar